LETS GO TRAVEL

WHAT ARE YOU WAITING FOR ?

My Blog List

Tuesday, 5 November 2013

Profil Travel Haji dan Umrah di Indonesia




                   Tidak semua penyelenggarah haji (Travel Haji dan Umrah) yang ada di Indonesia memiliki ijin. Dan, tidak semua biro perjalanan haji dan umrah yang melayani jamaah haji dan umrah selama di Makkah dan Madinah mampu memberikan pelayanan memuaskan terhadap jamaahnya. Semua biro perjalanan haji dan umrah sudah memiliki kelebihan dan kekurangan
. Banyaknya jamaah haji dan umrah dalam sebuah travel, tidak menjamin kalau biro itu bonafid dan berkualitas. Banyak informasi yang berkembang, justru banyaknya jamaah umrah dan haji, sering kali membuat jamaah haji dan umrah tidak bisa dilayani secara maksimal.
            Ketidakmaksimalan di dalam pelayanan haji dan umrah, biasanya terjadi pada pelayanan transportasi, akomodasi (hotel), pelayanan ibadah, bimbingan (guide) selama di perjalanan. Tidak berlebihan jika banyak jamaahhaji yang mengikuti travel tertentu, sepulang dari umrah jutsru mengerutu, mengeluh. Tidak sedikit yang mencaci dengan mengatakan ‘’Biro perjalanan tidak profesional’’. Paling-paling, orang akan menjawab:’’ ano rego ono rupo’’.Pelayanan ibadah haji dan umrah akan maksimal dan memuaskan, transportasi, akomodasi (hotel), serta bimbinganibadah serta bimbingan (guide) selama di Makkah dan Madinah.
Salah satu cirri khas biro perjalanan professional, mengedepankan pelayanan bukan profit oriented (keuntungan). Adapun pelayanan tersebut di antara sebagai berikut:
1-      Akomodasi (Hotel): Biasanya biro perjalanan yang bagus, professional, selalu memilihkan hotel yang bagus (bintang lima atau empat). Hotel tersebut juga dekat dengan Masjidilharam dan juga Masjid Nabawi, seperti; Movenpick, Hilton, Intercontinental, Elaf Kindah. Hotel-hotel tersebut terletak di pelataran Masjidilharam. Jika hotelnya, bagus sudah otomatis pelayanan makanan juga bagus, karena hotel juga menyiapkan makanan sesuai dengan lidah penghuninya.
2-      Transportasi                : Transportasi harus nyaman dan menyenangkan, seperti; Garuda, Saudi Air Line, Emirat. Biro haji yang bagus selalu mengedepankan kenyamanan dalam perjalanan menuju kota suci Makkah dan Madinah.
3-      Pelayanan Ibadah        : Ibadah menjadi tujuan utama. Biro yang bagus, akan mengedepakan pelayanan ibadahselama di Makkah dan Madinah. Ustad (pembimbing ibadah) memiliki pengalaman dan pengetahuan ilmu haji danumrah dengan baik, tentunya sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Saw. Pelayanan (bimbingan wisata) juga di ambilkan dari mahasiswa dan santri- santri yang sedang belajar mendalami ilmu agama di kampus dan ulamaMakkah.

                Di Bawah ini beberapa travel haji dan umrah yang tergabung dalam AMPHURI. Setiap calon jamaah haji dan umrahbisa melacak keanggotaan biro tersebut di dalam situs depag. Dan, bisa ditanyakan kepada jamaah haji dan umrahyang pernah menggunakan jasanya, bagaimana pelayanan biro tersebut.  http://www.umrahhajiplus.com/baca.php?ArtID=360 . Anggota AMPHURI bisa dilacak di web tersebut.

No comments:

Post a Comment