Tidak
semua penyelenggarah haji (Travel Haji dan Umrah) yang ada di Indonesia
memiliki ijin. Dan, tidak semua biro perjalanan haji dan umrah yang melayani
jamaah haji dan umrah selama di Makkah dan Madinah mampu memberikan pelayanan
memuaskan terhadap jamaahnya. Semua biro perjalanan haji dan umrah sudah
memiliki kelebihan dan kekurangan
. Banyaknya jamaah haji dan umrah dalam sebuah travel, tidak menjamin kalau biro itu bonafid dan berkualitas. Banyak informasi yang berkembang, justru banyaknya jamaah umrah dan haji, sering kali membuat jamaah haji dan umrah tidak bisa dilayani secara maksimal.
. Banyaknya jamaah haji dan umrah dalam sebuah travel, tidak menjamin kalau biro itu bonafid dan berkualitas. Banyak informasi yang berkembang, justru banyaknya jamaah umrah dan haji, sering kali membuat jamaah haji dan umrah tidak bisa dilayani secara maksimal.
Ketidakmaksimalan di dalam pelayanan haji dan umrah,
biasanya terjadi pada pelayanan transportasi,
akomodasi (hotel),
pelayanan ibadah,
bimbingan (guide) selama di perjalanan. Tidak berlebihan jika banyak jamaahhaji yang
mengikuti travel tertentu,
sepulang dari umrah jutsru mengerutu, mengeluh. Tidak
sedikit yang mencaci dengan mengatakan ‘’Biro
perjalanan tidak profesional’’. Paling-paling, orang akan
menjawab:’’ ano rego ono rupo’’.Pelayanan ibadah haji dan umrah akan maksimal dan memuaskan,
transportasi, akomodasi (hotel), serta bimbinganibadah serta bimbingan (guide) selama di Makkah dan Madinah.
Salah satu cirri khas biro perjalanan professional,
mengedepankan pelayanan bukan profit oriented (keuntungan). Adapun pelayanan
tersebut di antara sebagai berikut:
1- Akomodasi (Hotel): Biasanya biro perjalanan yang
bagus, professional, selalu memilihkan hotel yang bagus (bintang lima atau
empat). Hotel tersebut juga dekat dengan Masjidilharam dan juga Masjid Nabawi, seperti;
Movenpick, Hilton, Intercontinental, Elaf Kindah. Hotel-hotel tersebut terletak
di pelataran Masjidilharam.
Jika hotelnya, bagus sudah otomatis pelayanan makanan juga bagus, karena hotel
juga menyiapkan makanan sesuai dengan lidah penghuninya.
2- Transportasi
:
Transportasi harus nyaman dan menyenangkan, seperti; Garuda, Saudi Air Line,
Emirat. Biro haji yang bagus selalu mengedepankan
kenyamanan dalam perjalanan menuju kota suci Makkah dan Madinah.
3- Pelayanan Ibadah
: Ibadah menjadi tujuan utama. Biro yang bagus,
akan mengedepakan pelayanan ibadahselama
di Makkah dan Madinah.
Ustad (pembimbing ibadah)
memiliki pengalaman dan pengetahuan ilmu haji danumrah dengan
baik, tentunya sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Saw. Pelayanan (bimbingan
wisata) juga di ambilkan dari mahasiswa dan santri- santri yang sedang belajar
mendalami ilmu agama di kampus dan ulamaMakkah.
Di Bawah ini beberapa travel haji dan umrah yang tergabung dalam AMPHURI. Setiap
calon jamaah haji
dan umrahbisa melacak keanggotaan biro tersebut di dalam situs depag.
Dan, bisa ditanyakan kepada jamaah haji dan umrahyang pernah
menggunakan jasanya, bagaimana pelayanan biro tersebut. http://www.umrahhajiplus.com/baca.php?ArtID=360 .
Anggota AMPHURI bisa dilacak di web tersebut.
No comments:
Post a Comment